Berita
 
Perpamsi Banten pun 'menuntut ilmu' sampai Negeri Cina
28 Oktober 2013 - Sekretariat
     
Hadist yang berbunyi 'Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina' rupanya benar-benar diwujudkan oleh Perpamsi Banten. Tanggal 22-27 Oktober 2013, 30 orang peserta pergi ke Kota Beijing dalam rangka studi banding Manajemen Pengelolaan air. Rombongan yang dipimpin oleh Subekti selaku Ketua DPD Perpamsi Banten ini terdiri dari Bupati Pandeglang, Bupati Serang, Sekda Kabupaten Serang, Ketua DPRD Kab. Serang, Dewan Pengawas dan Direksi PDAM dan Mitra Swasta anggota Perpamsi Banten. Kota Beijing dipilih mengingat sistem pengelolaan air khususnya air minum di kota ini telah dikelola secara integrasi dengan penerapan teknologi tinggi dan dukungan aktif dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Instansi yang pertama menjadi tujuan studi adalah Beijing Safer De-Tech Environmental Protection Tec.Co.Ltd dilanjutkan dengan kunjungan selanjutnya ke China Institute of Water Resources & Hydropower Research. Selama perjalanan dari hotel ke lokasi kedua lembaga tersebut, peserta disuguhkan pemandangan sungai dengan bantarannya yang tertata rapih, air yang jernih, permukaan sungai yang bersih dari sampah bahkan ketika malam hari terlihat lampu-lampu cantik yang menyala sepanjang jalur sungai. Hal ini tentu saja menjadikan gambaran bagaimana pemerintah dan masyarakat begitu memperhatikan sungai yang menjadi air baku bagi air minum di ibukota negara Cina tersebut.
 

Beijing Safer De-Tech Environmental Protection Tec.Co.Ltd adalah perusahaan yang mengkhususkan dalam rekayasa Instalasi Pengolahan Air baik air minum maupun air limbah. Rencana pengolahan air dirancang secara khusus dan lengkap sebagai Instalasi Pengolahan Air yang disesuaikan dengan kualitas air baku yang berbeda dengan dukungan peralatan yang berkualitas. Saat ini perusahaan memiliki pusat penelitian, dan dua basis manufaktur di Beijing dan Dalian. BSDTEP telah banyak mendesain dan membangun berbagai jenis Instalasi Pengolahan Air untuk beragam kebutuhan infrastruktur seperti IPA untuk perusahaan air minum, IPA untuk pertambangan, potable water, IPA mobile, Instalasi Air Limbah, akomodasi militer, dan lain-lain.

Manfaat yang didapat dari kunjungan ke BSDTEP khusus bagi Pemerintah adalah Gambaran model pembangunan dan kebutuhan Instalasi Pengolahan Air Minum sebagai bahan pengambilan keputusan dalam dukungannya bagi PDAM/operator Air, sedangkan bagi PDAM manfaat yang didapatkan adalah Gambaran pembangunan dan kebutuhan Instalasi Pengolahan Air Minum yang efektif dan efisien sesuai kondisi dan kebutuhan, mengetahui pola perawatan dan pemeliharaan komponen IPA secara baik dan Model SOP (Standar Operasional dan Prosedur) pengelolaan IPA.

China Institute of Water Resources & Hydropower Research (IWHR) merupakan suatu badan penelitian dan pengembangan sumber daya air dan sumber daya listrik tenaga air. Berada di bagian barat kota Beijing, badan ini memiliki 2 pusat balai penelitian utama yaitu Departemen Sumber daya Air dan Departemen Pengembangan Mekanikal dan elektrikal. IWHR berkontribusi mendukung perusahaan air minum dan pelayanan air minum bagi seluruh masyarakat. IWHR memiliki 1.300 pegawai (termasuk 120 insinyur senior di tingkat profesor dan 329 insinyur senior serta Insinyur muda di bawah usia 45 hampir 70% dari semua staf profesional), 12 bagian penelitian dan 32 laboratorium. Selama bertahun-tahun, IWHR telah menyelesaikan banyak penelitian dan tugas konsultasi untuk ratusan proyek penting di Negara Cina. Ruang lingkup tugasnya mencakup pengelolaan sumber daya air cekungan nasional dan besar sungai, perlindungan lingkungan air, pengendalian banjir dan kekeringan, regulasi penggunaan sungai dan air transfer antar-daerah, pengendalian dan pembersihan sedimentasi di sungai dan waduk, optimasi struktural kelembagaan pengelola sumber daya air, pengujian peralatan hidro-listrik dan memeriksa, otomatisasi pembangkit listrik, desain bahan konstruksi dan kontrol, teknologi baru untuk beton dalam pembuatan bendungan batu-fill dan rol, set turbin-hidro dan rehabilitasi, dll. karya-karya ini terkait dengan hampir semua proyek multiguna yang besar di Cina.

Kunjungan lapangan
Peserta berkesempatan melakukan kunjungan ke lapangan dengan mengunjungi Laboratorium pemantau sungai di kota Beijing. Dijelaskan laboratorium yang cukup besar dengan dukungan perangkat teknologi canggih ini secara rutin melakukan monitoring dan evaluasi terhadap seluruh sungai di kota Beijing. Parameter yang diukur adalah kualitas, kuantitas dan kontinuitas air sungai. Hal yang menjadi perhatian serius adalah menganalisa sejauhmana polusi yang mencemari sungai. Jika terjadi polusi yang serius maka akan dibuatkan laporan hasil penelitian dan disampaikan secara langsung kepada Wakil Menteri Air. Hal ini menjadikan gambaran bagaimana pentingnya pemantauan terhadap kondisi sungai-sungai sehingga keberadaannya dapat senantiasa terjaga dan kelestariannya dapat berkelanjutan.

Banyak manfaat
Hasil studi banding dirasakan banyak memberikan manfaat khususnya gambaran bagaimana pentingnya lembaga penelitian khususnya bidang infrastruktur air sebagai bahan proses pengambilan keputusan bagi manajemen dan stakeholder. Air merupakan infrastruktur yang harus dikelola secara terintegrasi mulai dari hulu (sumber daya air) sampai hilir (air minum, air limbah dan pencemaran), gambaran pentingnya benchmarking untuk penataan infrastruktur air di perkotaan. Khusus bagi PDAM sebagai operator air minum manfaat yang didapatkan berdasarkan pemaparan dan diskusi dengan kedua lembaga tersebut antara lain perlunya regulasi pengelolaan Sumber Daya Air, kontrol sumber daya air dalam antisipasi musim kemarau (kekeringan) dan musim hujan (banjir), manfaat penerapan teknologi-teknologi yang diterapkan dalam pengelolaan sumber daya air, serta Penyusunan MasterPlan bidang Sumber Daya Air.

 
 
Berita Lain
Direktur PDAM se-Banten timba ilmu Water Management di Amsterdam
Perpamsi Banten terima kunjungan Wateropleidingen Belanda dan Delft University
Tim Waternet bagi ilmu hidrolis aplikasi Epanet ke Bagian Teknik PDAM TKR
Tim GIS Waternet sebarkan software GIS di Perpamsi Banten
Tim GIS Perpamsi Banten sebarkan ilmu GIS di DPD Perpamsi Jambi dalam South Exchange 3
Board of Director Waternet berkunjung ke Perpamsi Banten
Studi banding Perpamsi Banten ke PDAM Kab. Sidoarjo, PDAM Kota Surabaya dan PDAM Kota Malang
Semarak halal bi halal Perpamsi Banten di PDAM Kab. Pandeglang
 
 
         
  Sekretariat : Jl. Kisamaun No. 204 Tangerang 15118 Banten - Indonesia. Telp./Fax. 62 21 55794821