Berita
 
Tim GIS Perpamsi Banten sebarkan ilmu GIS di DPD Perpamsi Jambi dalam South Exchange 3
4 Agustus 2010 - Sekretariat
     

Masih dalam program South Exchange untuk tahap 3 ini Perpamsi Banten berbagi GIS untuk PDAM se-Jambi yang dilaksanakan pada tanggal 2 - 3 Agustus 2010 bertempat di PDAM Tirta Mayang Kota Jambi. Training yang diprakarsai oleh VNG International ini bekerjasama dengan Perpamsi Jambi. Instruktur training ini adalah Ikhwan Kurniawan selaku Koordinator GIS Team dan Ahmad Rizal anggota GIS Team Perpamsi Banten. Training ini diikuti oleh 42 orang dari 10 PDAM se-Jambi yang berasal dari bagian Perencanaan dan Distribusi. Kegiatan training ini dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan MAPAMDA Perpamsi Jambi yang dihadiri oleh Pengurus dan Direksi serta dibuka secara langsung oleh Ketua Umum Perpamsi.

Materi training di fokuskan pada pengertian GIS, tahapan pembangunan, pentingnya pengelolaan jaringan pipa, metode pengumpulan dan pengukuran data jaringan pipa dilapangan (field sketches), inventarisasi as built drawing dan praktek penggunaan software GIS yaitu Bentley Powermap dan Aquarta.

 

Dari informasi peserta, khususnya di Propinsi Jambi baru PDAM Tirta Mayang Kota Jambi yang sudah mengimplemenatsikan GIS untuk penggambaran jaringan pipa. Kendala utama yang dirasakan dalam implementasi GIS adalah tidak tersedianya peta dasar digital yang memiliki skala 1:1000 untuk masing-masing area pelayanan PDAM. Tentu saja ini memerlukan pemikiran bersama untuk pemenuhannya, Tim pun merekomendasikan untuk mencari terlebih dahulu ke BPN atau Pemda setempat atau dapat juga menggunakan fasilitas Google Earth walaupun masih ada wilayah di Jambi yang belum dapat di streaming secara jelas.

Hasil akhir dari training ini adalah upaya pembentukan GIS Center di Jambi dimana untuk tahap awal PDAM Tirta mayang Kota Jambi dapat menjadi Leader untuk PDAM lainnya. Sehingga dengan terbentuknya GIS Center ini penerapan GIS di masing-masing PDAM dapat dilaksanakan secara bersama-sama.

     
     
  Berita Lain
Direktur PDAM se-Banten timba ilmu Water Management di Amsterdam
Perpamsi Banten terima kunjungan Wateropleidingen Belanda dan Delft University
Tim Waternet bagi ilmu hidrolis aplikasi Epanet ke Bagian Teknik PDAM TKR
Tim GIS Waternet sebarkan software GIS di Perpamsi Banten
Board of Director Waternet berkunjung ke Perpamsi Banten
Tim GIS Perpamsi Banten sebarkan ilmu GIS di DPD Perpamsi Kalimantan Timur dalam South Exchange 2
Studi banding Perpamsi Banten ke PDAM Kab. Sidoarjo, PDAM Kota Surabaya dan PDAM Kota Malang
Perdalam bidang GIS, Perpamsi Banten kirim Tim GIS ke Waternet Amsterdam
 
 
 
         
  Sekretariat : Jl. Kisamaun No. 204 Tangerang 15118 Banten - Indonesia. Telp./Fax. 62 21 55794821