Berita
 
Tim GIS Perpamsi Banten sebarkan ilmu GIS di DPD Perpamsi Kalimantan Timur dalam South Exchange 2
15 Agustus 2009 - Sekretariat
     

Dalam rangka implementasi hasil Twinning untuk bidang GIS, Produksi dan Distribusi (Air scouring) yang telah dilaksanakan selama ini, Logo South Indonesia laksanakan South-south Exchange dimana untuk tahap awal ini diselenggarakan pada tanggal 10 – 11 Agustus 2009 di hotel Mesra Internasional di Kota Samarinda yang diikuti oleh 79 peserta perwakilan dari 12 PDAM di Kalimantan Timur. Instruktur berasal dari Tim GIS DPD Perpamsi Banten, PT. Tirta Sumut dan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor.Kegiatan training dibuka secara resmi oleh Ketua DPD Perpamsi Kalimantan Timur, H. Sayyid Faturrahman. Hadir dalam acara pembukaan antara lain Anggota Badan Pengawas PDAM Kota Samarinda, Sekretaris DPD Perpamsi Kalimantan Timur H. Yusni , Koordinator Nasional Logo South Indonesia Bebi R. Sutomo, Perwakilan World Waternet H. Ade Bahrul Hayat dan pejabat dari PDAM-PDAM yang menjadi peserta.

Untuk efektifitas training, metodenya dibagi dalam 3 kelas, yaitu kelas training GIS, kelas training Produksi dan kelas training Distribusi, dimana untuk masing-masing kelas terdiri dari 20 – 25 orang peserta. Kepada para peserta diberikan Pre test dan Post test yaitu kuisioner mengenai pengetahuan dasar peserta terhadap topik training.

 

Training GIS diikuti oleh 21 orang peserta yang sebagian besar berasal dari bagian Distribusi dan Perencanaan, bertindak sebagai instruktur adalah Ahmad Rizal dari Sub Bagian GIS PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang yang juga anggota GIS Perpamsi Banten, hal ini dikarenakan PDAM Tirta Kerta Raharja termasuk salah satu PDAM yang telah mengimplementasikan GIS dalam kegiatan operasionalnya dengan technical support dari Waternet Belanda.

Materi training difokuskan pada pengertian GIS, tahapan pembangunan GIS, pentingnya pengelolaan jaringan perpipaan bagi PDAM, metode pengumpulan dan pengukuran posisi (field sketches) jaringan perpipaan dan accessories, inventarisasi data as built drawing dan praktek penggunaan software aplikasi GIS (Bentley Powermap dan Aquarta)

     
 
     
 
  Berita Lain
Direktur PDAM se-Banten timba ilmu Water Management di Amsterdam
Perpamsi Banten terima kunjungan Wateropleidingen Belanda dan Delft University
Tim Waternet bagi ilmu hidrolis aplikasi Epanet ke Bagian Teknik PDAM TKR
Tim GIS Waternet sebarkan software GIS di Perpamsi Banten
Tim GIS Perpamsi Banten sebarkan ilmu GIS di DPD Perpamsi Jambi dalam South Exchange 3
Board of Director Waternet berkunjung ke Perpamsi Banten
Studi banding Perpamsi Banten ke PDAM Kab. Sidoarjo, PDAM Kota Surabaya dan PDAM Kota Malang
Perdalam bidang GIS, Perpamsi Banten kirim Tim GIS ke Waternet Amsterdam
Semarak halal bi halal Perpamsi Banten di PDAM Kab. Pandeglang
 
 
 
         
  Sekretariat : Jl. Kisamaun No. 204 Tangerang 15118 Banten - Indonesia. Telp./Fax. 62 21 55794821