Berita
 
WOP Mission bidang Process dan NRW
11 September 2014, sekretariat
     

Kegiatan WOP di bulan September 2014 difokuskan pada target NRW disetiap PDAM dan implementasi database Process disetiap IPA. Tim Waternet yang terdiri dari Ralf de Groot dan Jeroen de Boer memberikan asistensi kepada anggota Tim GIS & NRW untuk menyusun program kerja penanggulangan kehilangan air pada area yang menjadi prioritas utama untuk tahun 2015 sampai tahun 2016 seperti angka kehilangan air saat ini, target penurunan yang diinginkan, data jaringan perpipaan dan unit kerja atau personil yang ditunjuk untuk melakukan kegiatan tersebut.

Diharapkan masing-masing PDAM berkonsentrasi dan berkomitmen dalam mencari atau mengatasi tingginya kehilangan air di area yang dipilih. Dari data yang disusun selanjutnya pihak Waternet akan memberikan supporting baik berupa analisa masalah, rekomendasi solusi sampai pembuatan sistem hidrolis mengunnakan Epanet.

Untuk bidang Process, Jos Hooft sebagai Tim ahli Waternet mencoba menerapkan aplikasi Processbase di beberapa IPA PDAM seperti IPA Babakan dan IPA Bojongrenged milik PDAM Kabupaten Tangerang, Boosterpump Kadumerak milik PDAM Kabupaten Pandeglang. Aplikasi Processbase merupakan aplikasi untuk memasukan seluruh data yang berkaitan dengan proses pengolahan IPA seperti data pompa dan tekanannya, penggunaan dan pembubuhan bahan kimia, energi atau penggunaan listrik, parameter lain seperti NTU, pH dan lain-lain. Data ini diisi oleh para Operator yang selanjutnya dijadikan bahan monitoring dan evaluasi terhadap pola kerja Operator dan performa IPA tersebut.

Pada misi ini dilaksanakan pula Workshop bagi Operator IPA se-Banten yang diikuti oleh 50 orang Operator. Materi yang diberikan berupa pengenalan proses IPA, penerapan online system pada IPA, penerapan SOP dan penggunaan aplikasi Processbase. Diharapkan dengan workshop dan misi kali ini dapat meningkatkan kinerja para Operator IPA di Banten.

 

  Berita Lain
Direktur PDAM se-Banten timba ilmu Water Management di Amsterdam
Perpamsi Banten terima kunjungan Wateropleidingen Belanda dan Delft University
Tim Waternet bagi ilmu hidrolis aplikasi Epanet ke Bagian Teknik PDAM TKR
Tim GIS Waternet sebarkan software GIS di Perpamsi Banten
Tim GIS Perpamsi Banten sebarkan ilmu GIS di DPD Perpamsi Jambi dalam South Exchange 3
Board of Director Waternet berkunjung ke Perpamsi Banten
Studi banding Perpamsi Banten ke PDAM Kab. Sidoarjo, PDAM Kota Surabaya dan PDAM Kota Malang
Semarak halal bi halal Perpamsi Banten di PDAM Kab. Pandeglang
 
 
   
         
  Sekretariat : Jl. Kisamaun No. 204 Tangerang 15118 Banten - Indonesia. Telp./Fax. 62 21 55794821