Profil Anggota
 
PDAM Tirta Berkah
Kabupaten Pandeglang
 
 
Pelayanan air bersih di Kabupaten Pandeglang diawali dengan dibangunnya sarana air bersih pada zaman Belanda dengan kapasitas produksi 5 liter/detik yang memanfaatkan sumber air baku dari mata air Ciwasiat untuk melayani Kantor Pemerintahan, Masjid Agung, Rumah Sakit dan penduduk yang berada di wilayah Pandeglang. Setelah Kemerdekaan Republik Indonesia, pengelolaannya ditangani oleh Seksi Air Minum Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Dati IIĀ  Pandeglang. Sejalan dengan perkembangan kebutuhan pelayanan air bersih pada tahun 1980 dibentuk Perusahaan Air Minum Kabupaten Daerah Tingkat II Pandeglang dengan Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Pandeglang Nomor : 2 tahun 1980.
   

Saat ini PDAM Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang telah melayani 16 kecamatan dari 35 kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang yang terdiri dari cabang Pandeglang, cabang Labuan, Unit IKK Menes dan Unit IKK Cikeusik.

Saat ini pengembangan terus dilakukan dengan menambah IPA baru kapasitas 50 liter/detik untuk melayani daerah Sobang di Kecamatan Labuan.

   
DIREKSI
- Direktur Utama : H. Tatang Muhtasar, SE, MM
- Direktur Umum : H. H. Ating Surasnawijaya, BA
- Direktur Teknik : H. Samsuri, Sp. MM
   
DATA TEKNIS
- Sumber air baku : Sungai, mata air
- Kapasitas Produksi : 202,5 liter/detik
- Jumlah Pelanggan : 11.673 SL
- Cakupan Pelayanan : 6,13%
- Kehilangan air : 28,87%
- Jumlah Pegawai : 102 orang
   
UPAYA PENINGKATAN KINERJA
PDAM Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang dihadapkan pada permasalahan-permasalahan antara lain tarif yang belum full cost recovery, tingkat kehilangan air yang masih tinggi, kondisi sarana sistem perpompaan jaringan pipa transmisi dan distribusi yang kurang memadai dengan kondisi efisiensi yang menurun, debit air yang sangat terbatas dan terbatasnya pengetahuan dan kemampuan pegawai.
   
Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan meningkatkan efisiensi penagihan dengan melakukan kerjasama dengan PD-LPK, Bank Syariah, PT. Pos & Giro dan lembaga lain. Langkah lain adalah dengan menurunkan tingkat kehilangan air melalui metode zoning system, penggantian jaringan pipa distribusi yang bermasalah, penggantian water meter dan lain-lain. Sedangkan untuk peningkatan SDM dilakukan pelatihan yang dilaksanakan oleh PDAM, Perpamsi atau pihak lain serta mengikutsertakan pegawai dalam Tim Twinning Perpamsi Banten.
   
Upaya keras PDAM Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang dalam mewujudkan PDAM yang sehat dan maju membuahkan hasil membanggakan dengan diterimanya PERPAMSI AWARD pada MAPAM XI Perpamsi bulan Desember 2009 di Kota Batam.
   
Alamat Kantor Pusat : Jl. Raya serang Km. 5 Kadu Merak - Pandeglang. Telp/Fax. 0253 201297
   
 
         
  Sekretariat : Jl. Kisamaun No. 204 Tangerang 15118 Banten - Indonesia. Telp./Fax. 62 21 55794821