Berita
 
Rapat Koordinasi Tim WOP DPD Perpamsi Banten tahun 2015
24 Januari 2015, sekretariat
     

Dalam ranga penyusunan program kerja Tim WOP Perpamsi Banten dan Waternet Amsterdam tahun 2015, DPD Perpamsi Banten memprakarsai pertemuan seluruh Tim WOP yang terdiri dari Cief of Program, Project Manager dan para KOordinator Tim WOP. Acara dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 23 sampai 24 Januari 2015 di Kinasih Resort Cibinong Depok. Pada kesempatan ini hadir pula Ketua DPD, Sekretaris DPD dan Wakil Ketua Kompartemen Infokom dan Kemitraan yang membawahi bidang WOP. Rapat ini membahas Progress dari masing-masing Tim WOP periode 2014 serta rencana kegiatan untuk tahun 2015.

Untuk progress kegiatan, diambil kesimpulan bahwa untuk masing-masing WOP telah melaksanakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bidangnya seperti bidang Process yang telah mengimplementasikan aplikasi EDP (Excell Database Process) untuk beberapa IPA di PDAM Kabupaten Tangerang dan PDAM Kabupaten Pandeglang serta pelatihan dalam mengoperasikan aplikasi tersebut.

Untuk bidang Resources didapatkan gambaran bahwa untuk pengumpulan data air baku baru dilaksanakan pada sungai Cisadane dan Sungai Ciujung, bidang GIS dan NRW melaporkan progressnya berupa penyusunan kegiatan NRW di beberapa PDAM yang telah disepakati bersama antara Tim WOP, Waternet dan tiap-tiap PDAM tentang penentuan pilot project kegiatan NRW serta target pencapaian yang diinginkan perihal tingkat kehilangan air. Kegiatan ini telah dilaksanakan dibeberapa PDAM dan akan dilanjutkan pada tahun 2015. Bidang Sanitasi dilaporkan perihal pemasangan alat VillagePump yang saat ini telah dipasang sebanyak 1 unit di IKK Rajeg dan rencananya 1 unit lagi akan dipasang di tahun 2015, untuk lokasinya masih dalam tahap penjajakan. Saat ini telah ada 3 lokasi yang akan di pilih sebagai lokasi pemasangan alat tersebt yaitu di Kec. Rajeg, Kec. Kronjo dan Kec. Kresek. Untuk 1 unit yang saat ini telah dipasang di IKK Rajeg dapat difungsikan secara baik. Bidang Planning untuk sementara di tahun 2014 di vakum kan terlebih dahulu, namun ada wacana Tim ini akan berganti menjadi Tim Aset Manajemen yang nantinya akan bergerak dalam hal penyusunan manajemen aset dan efisiensi energi di masing-masing PDAM dan Mitra Swasta anggota DPD Perpamsi Banten. Dari beberapa masukan Koordinator, dinyatakan bahwa saat ini para anggota Tim dari masing-masing PDAM dan Mitra Swasta masih banyak yang dirasakan kurang aktif dalam mengikuti dan mengimplementasikan bidang WOP ini. Hal ini dikarenakan banyaknya anggoat yang mengalami rotasi atau mutasi di internal perusahaan sehingga posisinya sekarang tidak berkaitan dengan bidang WOP yang menjadi tanggungjawabnya. Berkenaan dengan hal tersebut, seluruh peserta Rapat menginginkan untuk penunjukan anggota Tim WOP berdasarkan Jabatan bukan nama personil sehingga apabila terdapat penggantian personil maka secara otomatis penggantinya akan menjadi anggota Tim WOP, sebagai contoh untuk Tim Process maka yang menjadi anggota Tim WOP adalah Kepala Bagian atau Kepala Seksi Produksi, bidang Resources adalah Kepala Bagian atau Kepala Seksi Laboratorium, bidang GIS & NRW berasal dari Kepala Bagian atau Kepala Seksi Distribusi begitupun dengan bidang yang lainnya. Sekretariat akan sebera menindaklanjuti wacana tersebut guna keefektifan pelaksanaan WOP di masing-masing PDAM dan Mitra Swasta.

Untuk Proram tahun 2015, Tim WOP akan menitikberatkan pada penerapan SOP di seluruh IPA yang dimiliki oleh PDAM dan Mitra Swasta, Penurunan tingkat kehilangan air, pemasangan alat Villagepump, Susur Sungai di sungai Cisadane dan beberapa sungai di Banten yang menjadi sumber air baku, dan penyusunan metode Aset Manajemen dan Efisiensi Energi. Ketua DPD Perpamsi Banten disela-sela rapat berharap para Koordinator Tim WOP dapat menjadi motor kegiatan sehingga hasil WOP dengan Waternet Amsterdam ini dapat lebih ditingkatkan dan dapat memberikan manfaat besar peningkatan kinerja seluruh anggota DPD Perpamsi Banten. DPD Perpamsi Banten akan selalu mendukung setiap kegiatan WOP baik dari segi regulasi maupun pendanaan. Hasil dari rapat ini selanjutnya akan disampaikan kepada pihak Waternet dan seluruh anggota DPD Perpamsi Banten.(Rizal)

 

 
   
         
  Sekretariat : Jl. Kisamaun No. 204 Tangerang 15118 Banten - Indonesia. Telp./Fax. 62 21 55794821