Berita
 
Waternet ajarkan PDAM Distribution Network System and Hydraulic Modelling
Oktober 2011 - Sekretariat
     

Dalam kesempatan misi Twinning di Banten bulan Oktober 2011, Waternet laksanakan training Design Distribution and Modelling Network bagi PDAM di Banten dan sebagian PDAM lain di Indonesia dengan instruktur Mr. Ralf de Groot dari Waternet Belanda. Kegiatan yang diikuti oleh 36 orang peserta dari Bagian Perencanaan, Bagian Transmisi & Distribusi, Cabang dan Wilayah ini dilaksanakan di aula utama Kantor Pusat PDAM TKR.

Dalam paparannya, Ralf de Groot menjelaskan secara umum metode sistim desain jaringan pipa air bersih yang ada di Amsterdam serta kaidah-kaidah penentuan jenis, diameter, accessories dan lokasi jaringan perpipaan.

 

Menurutnya ada beberapa perbedaan mendasar antara sistim desain jaringan pipa yang ada di Amsterdam dengan kebanyakan PDAM di Indonesia dimana kondisi jaringan pipa di PDAM yang terkoneksi satu sama lain atau yang dikenal dengan sistim ring sementara desain jaringan pipa di Amsterdam dibuat dengan sistim cluster atau Tree. Komentarnya bahwa dengan sistim cluster akan lebih mudah untuk pengaturan aliran dan penutupan valve jika dalam jaringan tersebut terdapat kebocoran sehingga mengeliminir terganggunya aliran air ke lokasi lain, hal ini akan sedikit sulit jika diterapkan dalam jaringan pipa dengan sistim ring karena membutuhkan konsentrasi lebih dengan banyaknya valve yang harus ditutup jika terdapat kebocoran pada jaringan pipa serta terganggunya aliran air pada jaringan pipa yang terkoneksi dengan pipa yang bocor tersebut. Namun masih menurutnya karena hampir semua desain jaringan pipa dalam bentuk ring tidak serta merta desain ini harus dirubah keseluruhan, hal ini tergantung kebijakan dan pola desain yang ada di PDAM tersebut masing-masing.

   

Untuk pengoperasian aplikasi Epanet, Ralf mengajarkan tentang deskripsi umum software Epanet, tools, menu dan feature serta data-data yang dapat diaplikasikan dalam software yang tidak berbayar ini (Gratis). Para peserta mengikuti training ini dengan mempraktekan langsung pada lap top atau PCnya masing-masing yang telah diinstal software Epanet.

Selain praktek langsung, training inpun di isi dengan diskusi dan tanya jawab seputar kondisi jaringan pipa existing di PDAM. Di akhir training Ralf mengharapkan aplikasi Epanet dapat diterapkan di PDAM sehingga akan mempermudah bagi PDAM untuk memonitor dan mengevaluasi aliran air serta percepatan penanganan masalah di area yang mengalami gangguang aliran.

 

Berita Lain
 
 
   
         
  Sekretariat : Jl. Kisamaun No. 204 Tangerang 15118 Banten - Indonesia. Telp./Fax. 62 21 55794821