Berita
 
Direktur PDAM se-Banten timba ilmu Water Management di Amsterdam
4 November 2010 - Sekretariat
     

Sejalan dengan kegiatan Twinning Programme yang dilaksanakan antara Perpamsi Banten dengan Waternet Belanda, di penghujung bulan Oktober Perpamsi Banten kirim 8 orang pimpinan PDAM dan mitra swasta untuk mengikuti training Water Management di Amsterdam.

Training yang dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober s.d. 2 November 2010 ini diikuti oleh H. Achmad Rohendi Dirut PDAM Tirta Albantani Kab. Serang, H. Tatang Muhtasar Dirut PDAM Tirta Berkah Kab. Pandeglang, H. Agus Hikmat Dirut PDAM Cilegon Mandiri Kota Cilegon, H. Ridwan Dirut PDAM Tirta Multatuli Kab. Lebak, Untung Suryadi Dirtek PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Hj. Ratna Panduwinata Dirut PT. Sarana Tirta Rejeki, Cornelia Retnosutarjati Senior Manager PT. Sentra Asritama Realty Development dan Kusmayadi Kabag. Produksi PT. Krakatau Tirta Industri.

Training di titik beratkan pada Water Management meliputi Customer & Financial Management, Asset Management, Water & Sanitation Technology, Water Treatment Plant dan kunjungan ke WTP Wesperkasrpel di Amsterdam. Di hari pertama Delegasi Perpamsi Banten mempresentasikan kepada pihak Waternet tentang Association Profile, pola pengelolaan air minum di Indonesia serta tantangan pelayanan air minum ke depan.

Delegasi Perpamsi Banten pun berkesempatan untuk melihat secara langsung Pengolahan Air minum di Leiduin dan Pengolahan Air Limbah, dikarenakan Waternet tidak hanya berwenang dalam penyediaan air minum namun juga mengolah sewerage dan waste water. Sistim pengolahan air minum yang modern dengan standar pengoperasian yang baik ditunjang dengan pengelolaan yang efektif dan efisien, dimana untuk satu unit pengolahan besar hanya memiliki sedikit petugas atau operator saja. Satu hal yang membuat kagum adalah sistim pengelolaan air baku dimana Waternet memiliki beberapa area sumber air baku alami yang berbentuk Dune atau barisan bukit pasir yang menjadi filtrasi air permukaan maupun air resapan atau pre treated water yang selanjutnya akan dijadikan air baku dalam pengolahan air minum. Dune ini selain berfungsi sebagai filtrasi juga dalam rangka mendapatkan air baku yang berkualitas. Hal inilah yang menjadi pembelajaran dimana pihak Waternet telah memikirkan secara detail konsep penyediaan dan pengolahan air secara sistematik, terpadu dan ramah lingkungan.

Selanjutnya walaupun memiliki perbedaan dalam pengelolaan air minum di Belanda dengan di Indonesia, namun Delegasi ini berharap nantinya ada beberapa hal penting yang dapat diterapkan di PDAM di Propinsi Banten, dan itulah yang menjadi tujuan utama diselenggarakannya studi banding ini.

         
     
 
Berita Lain
Direktur PDAM se-Banten timba ilmu Water Management di Amsterdam
Perpamsi Banten terima kunjungan Wateropleidingen Belanda dan Delft University
Tim Waternet bagi ilmu hidrolis aplikasi Epanet ke Bagian Teknik PDAM TKR
Tim GIS Waternet sebarkan software GIS di Perpamsi Banten
Tim GIS Perpamsi Banten sebarkan ilmu GIS di DPD Perpamsi Jambi dalam South Exchange 3
Board of Director Waternet berkunjung ke Perpamsi Banten
Studi banding Perpamsi Banten ke PDAM Kab. Sidoarjo, PDAM Kota Surabaya dan PDAM Kota Malang
Semarak halal bi halal Perpamsi Banten di PDAM Kab. Pandeglang
 
 
 
   
         
  Sekretariat : Jl. Kisamaun No. 204 Tangerang 15118 Banten - Indonesia. Telp./Fax. 62 21 55794821