Berita
 
Training FINON, ketika bagian Teknik belajar soal Keuangan
21 Desember 2011- Sekretariat
   

Puluhan orang dari bagian Teknik PDAM dan Mitra Swasta yang yang berada di Propinsi Banten dan PDAM dari luar Propinsi Banten tampak memadati aula Hotel Fiducia Tangerang Selatan. Hari itu tanggal 21 Desember 2011, mereka hadir dalam training FINON (Financial for Non Finance Division) atau lebih mudahnya lagi Training Keuangan untuk Bagian diluar Bagian Keuangan/Umum. Training yang diselenggarakan DPD Perpamsi Banten ini digagas khusus untuk bagian Teknik agar bagian ini mengerti lebih luas lagi masalah-masalah keuangan/akuntansi di PDAM.

Dalam acara Pembukaan, Subekti selaku Ketua DPD Perpamsi Banten menegaskan bahwa pengetahuan sistim akuntansi yang baik sudah sewajarnya dimengerti pula oleh Bagian Teknik, sehingga bagian ini tidak hanya berkutat dengan masalah teknik saja tapi dapat pula menyajikan sistim administrasi kegiatan operasionalnya secara baik mulai dari penyusunan RAB, sistim pelaporan keuangan dan penyusunan serta penerapan investasi yang berkaitan dengan masalah teknik. Secara luas diharapkan bagian Teknik dapat memahami bagaimana penyusunan keuangan PDAM keseluruhannya.

Sebagai instruktur dipilih ahli yang kompeten dan berpengalaman dalam masalah akuntansi di PDAM, untuk itu DPD Perpamsi Banten menampilkan instruktur Hendro Sasongko, seorang praktisi keuangan, Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor, Staf Pengajar Program Manajemen dan Bisnis Program Pascasarjana IPB, Instruktur Pelatihan Manajemen Perusahaan Air Minum yang diselenggarakan YPTD – Perpamsi, Asesor pada Lembaga Sertifikasi Profesi – Air Minum Indonesia (LSP – AMI) dan Konsultan Keuangan. Dalam training ini Hendro Sasongko menjelaskan tentang Pelaporan keuangan sebagai bagian dari akuntabilitas PDAM, Komponen laporan keuangan pokok dan fungsi masing-masing komponen, Mekanisme penyusunan dan penyajian laporan keuangan, Penyusunan dan penyajian Neraca, Penyusunan dan penyajian Laporan Laba Rugi, Penyusunan dan penyajian Laporan Arus Kas, Penilaian kelayakan investasi – Kajian Finansial, Proyeksi keuangan (Financial Projection) sebagai alat penilaian kelayakan investasi.

 

Tidak hanya dari Perpamsi Banten

Peserta training ini ternyata tidak hanya PDAM dan Mitra Swasta yang berada di Propinsi Banten seperti PDAM Kabupaten Tangerang, PDAM Kabupaten Pandeglang, PDAM Kabupaten Lebak, PDAM Kabupaten Serang, PDAM Kota Cilegon, PT. Krakatau Tirta Industri, PT. Aetra Air Tangerang, PT. Tirta Kencana Cahaya Mandiri, namun dari sekitar 40-an peserta hadir pula PDAM dari daerah lain seperti PDAM Kota Surabaya, PDAM Kabupaten Madiun, PDAM Kabupaten Tega dan lain-lainl. Tampak hadir pula Redaksi Majalah Air Minum. Di hari ke-2 yaitu tanggal 22 Desember 2011 peserta berkesempatan melakukan kunjungan ke Instalasi Pengolahan Air Limbah milik Lippo Karawaci. Sistim pengolahan yang berasal dari limbah hunian dikawasan perumahan elit, bisnis, perkantoran dan pendidikan internasional ini diolah kembali menjadi air bersih walaupun pemanfaatannya baru dilakukan untuk penyiraman taman-taman di kawasan tersebut. Proses pengolahannya menjadi daya tarik sendiri dan memberikan ilmu baru bagi para peserta.
 
 
  Berita Lain
Perpamsi Banten belajar bidang Umum ke PDAM Tirta Musi Kota Palembang
Diseminasi hasil Training Manajemen, berbagi ilmu dari Waternet Belanda
Direktur PDAM se-Banten timba ilmu Water Management di Amsterdam
Perpamsi Banten terima kunjungan Wateropleidingen Belanda dan Delft University
Tim Waternet bagi ilmu hidrolis aplikasi Epanet ke Bagian Teknik PDAM TKR
Tim GIS Waternet sebarkan software GIS di Perpamsi Banten
Tim GIS Perpamsi Banten sebarkan ilmu GIS di DPD Perpamsi Jambi dalam South Exchange 3
Board of Director Waternet berkunjung ke Perpamsi Banten
Tim GIS Perpamsi Banten sebarkan ilmu GIS di DPD Perpamsi Kalimantan Timur dalam South Exchange 2
Studi banding Perpamsi Banten ke PDAM Kab. Sidoarjo, PDAM Kota Surabaya dan PDAM Kota Malang
Perdalam bidang GIS, Perpamsi Banten kirim Tim GIS ke Waternet Amsterdam