Berita
 
Workshop Waterbalance GIS & NRW
22 April 2015, sekretariat
     

Workshop di gelar pada tanggal 22 April 2015 di Aula Utama PDAM TKR KAbupaten Tangerang dalam rangka pengenalan aplikasi Waterbalance yang berfungsi untuk melihat faktor apa saja yang menjadi penyebab tingkat kehilangan air. Bertindak sebagai narasumber yaitu Yadi Treviyadie dari PDAM Kabupaten Tangerang dengan peserta Tim GIS & NRW Perpamsi Banten.

Workshop dibuka oleh Ahmad Rizal selaku Koordinator Tim GIS & NRW Perpamsi Banten. Aplikasi Waterbalance ini merupakan salah satu aplikasi untuk mengevaluasi dan memonitoring tingkat kehilangan air melalui input seluruh data-data operasional PDAM seperti jumlah air terjual, air di produksi, jumlah pelanggan dan tingkat kehilangan air. Diharapkan aplikasi ini dapat diimplementasikan oleh seluruh PDAM & Mitra Swasta guna mendapatkan angka kehilangan air secara riil serta faktor penyebabnya.

Aplikasi ini menggunakan WB Easyclac dimana software ini dapat memberikan gambaran grafik dari neraca air dan selain itu diperlukan juga perbandingan dengan nilai air tak berekening tahun-tahun sebelumnya serta data lapangan yang sesungguhnya.

Dengan aplikasi ini PDAM dapat melakukan monitoring terhadap sejauh mana tingkat efisiensi sistem penyediaan air minum, penyebab serta prioritas perbaikan terhadap tingkat kehilangan air baik yang disebabkan oleh masalah teknis maupun non teknis. Setelah workshop ini, para peserta selanjutnya diminta untuk menginput seluruh data masing-masing perusahaan pada aplikasi WB Easycalc untuk disampaikan kepada Koordinator Tim GIS & NRW Perpamsi Banten sebagai arsip data tingkat kehilangan air. (Rizal)

 
 
   
         
  Sekretariat : Jl. Kisamaun No. 204 Tangerang 15118 Banten - Indonesia. Telp./Fax. 62 21 55794821