Twinning Programme
Periode 2006-2010 & 2010-2016


Twinning Programme adalah kegiatan kerjasama yang dilaksanakan oleh Perpamsi Banten dengan Waternet Amsterdam yaitu salah satu perusahaan air minum terbesar di Belanda dan VNG International yaitu assosiasi pemerintah-pemerintah Kotapraja di Belanda serta RIWA berupa tehnical support teknologi perairminuman.

Kerjasama ini telah dilaksanakan sejak tahun 2000 sampai sekarang. Penandatanganan perpanjangan kerjasama untuk kurun waktu 2006 - 2010 ditanda tangani oleh Ibu Gubernur Banten, Walikota Amsterdam dengan disaksikan perwakilan Waternet dan Perpamsi Banten serta VNG International yang dilangsungkan di Belanda.

Sejarah Twinning (WOP) dengan Waternet merupakan sejarah panjang sejak tahun 1990-an anatar Amsterdam Water Supply (AWS) dengan PDAM TKR dibidang Geographic Information System (GIS).  Kemudian dengan berdirinya Provinsi Banten serta AWS berubah menjadi Waternet yang merupakan merger antar perusahaan air minum (AWS), pengolah limbah, manajemen surface water dan deep water, maka tahun 2002 melakukan kerjasama dengan Perpamsi Banten, namun kerjasama tersebut tidak berjalan mulus dan baru tahun 2007, sejak ditandatangi MOU antara Gubernur Banten dan Walikota Amsterdam, maka kerjasama ini berjalan sampai sekarang. Bidang yang dikerjasamakan adalah peningkatan kapasitas dibidang GIS, UFW, Planning, Resources, Process. Pada periode 2007-2010, WOP didanai oleh VNG Belanda, sebuah organisasi dibawa Dep. Luar Negeri Belanda. Dan saat ini didanani oleh internal Waternet, karena secara regulasi 1% dari Omset Waternet dapat digunakan Waternet untuk program kerjasama dengan negara lain.
Mekanisme kerja transfer pengetahuan (peningkatan kapasitas) dari program WOP adalah dengan cara tenaga ahli waternet datang ke Perpamsi Banten selama 2 minggu setiap misi, dan dalam setahun terdapat 4-5 misi tenaga ahli Waternet datang ke Banten. Disamping itu juga misi dari Perpamsi Banten ke Amsterdam baik dari level teknis maupun level manajemen.

TUJUAN UTAMA
Tujuan utama WOP adalah untuk memperbaiki kinerja operasional oparator air minum. Kemitraan ini dijalin antara Operator Air minum yang memiliki kemampuan lebih dalam hal ini adalah Waternet dengan operator air yang memiliki kemampuan yang perlu ditingkatkan sebagai recipeint (perpamsi Banten).
Capaian kinerja WOP adalah tidak hanya berupa capain kinerja teknis saja operasional bidang yang dikerjasamakan saja misalnya target penurunan kebocoran, target berapa besar digitasi pelanggan atau pipa,  perbaikan proses produksi dll, tetapi juga ada hal-hal non teknis yang baik yang dapat diambil pelajaran misalnya budaya kerja, komitmen terhadap pekerjaan, bagaimana etika rapat.  Pada suatu kesempatan rapat antara tenaga ahli dari Waternet dengan Tim Twinning perpamsi Banten, terdapat dering telpon sehingga sangat mengganggu konsentrasi dalam rapat ataupun kita asik chatting BBM, dan pada saat tersebut diperingatkan oleh Tenaga Ahli dari Waternet. Begitu juga ketika berjanji untuk menyelesaikan pekerjaan atau data tertentu, jika berjanji jam 2, maka harus ditetapi jam 2, jika tidak bisa maka jangan sampai berjanji jam 2, karena Tim Ahli Waternet sudah mengalokasikan waktu jam 2.  Bukankah ini merupakan sesuatu yang benar?  Dan secara sadar atau tidak kita sering melakukan hal-hal tersebut dan menurut kita wajar dan lumrah. Itulat sekelumit budaya kerja yang baik yang patut kita tiru.

PRINSIP-PRINSIP WOP
Dalam International Water Week (IWW)  menyoroti solusi terintegrasi yang mencakup seluruh siklus air.  Salah satu konferensi yang akan diselenggarakan selama seminggu dari acara ini Operator Air konferensi  'Kemitraan, Setiap Satu Ajarkan Satu. Belanda adalah salah satu negara dengan panjang tradisi berbagi tahu-bagaimana pada pemecahan air yang terkait dan melakukan kerjasama antara perusahaan air minum Operator Air kemudian bernama 'Kemitraan’ (WOP).

WOP adalah partnership antar Operator Air Minum yang didasarkan kepada prinsip dasar bahwa air minum merupakan hak dasar dari setiap manusia dan prinsip kesetaraan dan solidaritas.  Prinsip ini yang memberikan landasan WOP yang arahnya ditujukan untuk meningkatkan kapasitas organisasi (capacity building) antar operator air minum. Prinsip tersebut yang mebyebabkan konsep WOP akan sangat  berbeda dengan Private Partnership Program (PPP) yang pertimbangannya lebih bersifat aspek ekonomi saja.

 

Direksi PDAM & Mitra Swasta se-Banten bersama Waternet Belanda dalam kunjungan kerja ke Kantor Gubernur Banten
 
Bidang-bidang yang dikerjasamakan dan akan diterapkan di PDAM se-Banten adalah :
Periode 2006-2010 :
Bidang Pengolahan Air (Process)
Bidang Pengelolaan air baku (Resources)
Bidang Pemetaan jaringan pipa digital (GIS)
Bidang Perencanaan dan Pengembangan (Planning)
Bidang Penanganan Kehilangan air (UFW & Asset)
   
Periode 2010-2016 :
Bidang Pengolahan Air (Process)
Bidang Pengelolaan air baku (Resources)
Bidang Pemetaan jaringan pipa digital (GIS)
Bidang Perencanaan dan Pengembangan (Planning)
Bidang Penanganan Kehilangan air (UFW & Asset)
Bidang Sanitasi
Bidang Human Resources Development (HRD)
   
 
 
MEKANISME KEGIATAN
Mekanisme kegiatannya berupa training dan praktek secara langsung oleh Tim Ahli dari Waternet di Banten atau pengiriman tugas belajar dan praktek bagi anggota Tim dari Perpamsi Banten ke Belanda.Melalui program Twinning, PDAM-PDAM anggota Perpamsi Banten bekerjasama dengan waternet untuk mempelajari teknologi-teknologi terbaru yang terdapat di Waternet untuk di terapkan di PDAM masing-masing. Dengan cara ini maka penyebaran pengetahuan dan perkembangan teknologi dapat dirasakan dan diterapkan secara bersama-sama dengan mencoba mengedepankan kesatuan metode dan aplikasi. Contohnya untuk bidang Pengelolaan air baku dimana semua anggota Tim akan mengevaluasi dan memonitor kondisi kualitas dan kuantitas air baku yang berasal dari sungai-sungai yang ada di Propinsi Banten dimana jika ada permasalahan akan didiskusikan dan dicarikan solusinya bersama-sama. Begitu pula dengan jaringan perpipaan yang semula masih dalam kondisi manual akan diterapkan menjadi data digital dimana seluruh PDAM memiliki software dan aplikasi yang sama. Masterplan pun menjadi tugas pokok Twinning ini untuk menyusun road map bagi PDAM di Propinsi Banten dalam mengejar target peningkatan cakupan pelayanan.
 
PENANDATANGANAN KERJASAMA
Penandatangan kerjasama dilakukan pada tahun 2006 untuk Twinning periode 2006-2010 dan pada tahun 2011 untuk Twinning periode 2010-2016 semuanya dilakukan di Amsterdam Belanda. Pada tahun 2010 dalam kesempatan Konferensi WOP, dilakukan penandatangan MOU antara Perpamsi Banten dengan World Waternet untuk periode kerjasama antara 2011 – 2016. Objek WOP yang dilakukan MOU adalah terkait dengan Water Cycle Management, yang didasari bahwa pendekatan pengelolaan air harus terintegrasi, sehingga kebijakan dari hulu dan hilir harus terintegrasi. Didasari bahwa obyek kerjasama ini terdapat aktivitas diluar kegiatan utama perpamsi Banten, maka Integrasi kebijakan dari hulu dan hilir. 
Penandatanganan Twinning Programme periode 2006-2010 di Amsterdam oleh Ibu Gubernur Banten dan Walikota Amsterdam di saksikan Ketua DPD Perpamsi Banten dan Direktur Waternet
Penandatanganan Twinning Programme periode 2010-2016 di Amsterdam oleh Ketua DPD Perpamsi Banten, Direktur Waternet dan Ketua World Waternet
 
Produk-produk yang dihasilkan dalam twinning ini antara lain :
Metode dan aplikasi pemetaan jaringan pipa digital (software Bentley Powermap dan Aquarta)
Aplikasi monitoring dan evaluasi air baku (software Bantenbase)
Metode dan aplikasi UFW (Data Logger dan software Redwin)
Buku Masterplan Penyediaan air Minum di Propinsi Banten tahun 2008-2023)
Hasil penanganan kehilangan air (UFW) dengan Data Logger
Draft SOP Pengelolaan IPA
 
Tim Water Operators Partnership 2010 - 2016
 
Logo Twinning :
 
   
         
  Sekretariat : Jl. Kisamaun No. 204 Tangerang 15118 Banten - Indonesia. Telp./Fax. 62 21 55794821