Waternet
 
Waternet adalah perusahaan pertama di Belanda yang kegiatannya meliputi siklus air secara lengkap. Waternet yang dahulu bernama Amsterdam Water Supply bertanggungjawab untuk bidang air minum, air limbah dan air permukaan. Waternet didirikan pada 1 Januari 2006, sebagai sebuah perusahaan yang dibentuk dari kolaborasi antara Amsterdam Water Supply dan departemen Air Limbah (DWR) dan merupakan perusahaan jasa gabungan dari Kota Amsterdam, Amstel, Gooi dan Dewan Management Air Regional Vecht (AVG).

 

Kawasn operasional Waternet meliputi kota Amsterdam dan kawasan yang luas di propinsi Utrecht, Belanda Utara dan Selatan serta beroperasi dikawasan berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa. Aktif di 25 kota, melayani 130 juta m3 air limbah pertahun, produksi 88 juta m3 air minum pertahun, mengoperasikan 220 pumping station, 105 sluices dan 590 bendungan.

Bagian air minum di Waternet telah aktif menjalin kerjasama dengan negara lain. Sejak tahun 1970 dalam program Twinning seperti kerjasama dengan Mesir, Indonesia, Palestina, Moskow, Nigeria, Suriname, Aruba dan Mozambik.
   
Khusus kerjasama dengan Indonesia, Waternet menjalinnya dengan Perpamsi Banten untuk capacity Building dengan menerapkan sistim GIS, Resources, Process, Planning dan UFW/Zoning System. Kerjasamanya telah dilaksankan pada tahun 2000 sampai tahun 2010.
   
www.waternet.nl
   
         
  Sekretariat : Jl. Kisamaun No. 204 Tangerang 15118 Banten - Indonesia. Telp./Fax. 62 21 55794821